Biojava Trigona Propolis Obat Herbal Sinusitis

PENGERTIAN SINUSITIS

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur. Gejala pada sinusitis adalah:
  • Sakit kepala
  • Demam dengan suhu 38°Celcius atau lebih
  • Hidung tersumbat atau berair
  • Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
  • Kehilangan indera penciuman
  • Batuk-batuk

Letak Sinus Pada Bagian Tubuh Manusia

Sinus membuka lubang pada hidung dan membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru.Terdapat empat pasang sinus di kerangka kepala manusia yaitu di belakang dahi, di kedua sisi dari batang hidung, di belakang mata, serta di belakang tulang pipi.
Lendir atau mukosa yang dihasilkan oleh sinus mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini bisa terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.

Penyebab Utama Kemunculan Sinusitis

Penyebab sinusitis yang paling umum adalah karena infeksi virus. Sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder bisa terjadi. Ini akan menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi. Gigi yang terinfeksi juga bisa membuat sinus ikut terinfeksi.

Langkah-langkah Mendiagnosis Sinusitis

Diagnosis sinusitis bisa dilakukan oleh dokter dengan melihat gejala yang terjadi. Misalnya hidung tersumbat atau beringus dengan rasa nyeri pada wajah. Jika sinusitis yang diderita sudah parah atau muncul kembali, Anda disarankan untuk menemui dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan). Dokter spesialis ini akan mencoba mencari penyebab utama dari sinusitis yang terjadi. CT scan juga bisa digunakan untuk mencari tahu penyebab sinusitis.

Obat-obatan Untuk Mengatasi Sinusitis

Sekitar 60% penderita sinusitis tidak perlu menemui dokter karena kebanyakan kasus yang disebabkan virus akan hilang dengan sendirinya. Sinusitis butuh waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya. Kondisi ini lebih lama dibandingkan pilek. Jika Anda menderita sinusitis ringan, obat-obatan pereda rasa sakit dan dekongestan akan membantu mengurangi gejala yang timbul.
Periksakan pada dokter jika gejala tidak membaik setelah seminggu memulai pengobatan, memburuk atau terus-menerus kembali. Dalam kasus seperti ini, antibiotik dan steroid semprot atau tetes mungkin akan diresepkan oleh dokter. Untuk kasus sinusitis yang parah, ada kemungkinan dibutuhkan operasi untuk meningkatkan fungsi sinus dan juga fungsi drainase-nya. Operasi hanya disarankan jika pengobatan sinusitis lainnya gagal memberikan hasil.

Penyakit-penyakit yang Bisa Muncul Akibat Komplikasi Sinusitis

Komplikasi sinusitis sangatlah jarang terjadi. Ketika terjadi komplikasi, kondisi ini lebih cenderung menjangkiti anak-anak dibandingkan orang dewasa. Sinusitis pada anak bisa menyebabkan terjadinya selulitis. Selulitis adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan kelopak mata dan tulang pipi. Ini disebabkan oleh tersebarnya bakteri pada kulit atau jaringan sel-sel.
Jika gejala itu muncul, bawa anak Anda menemui dokter. Mungkin saja anak Anda akan dirujuk menemui dokter spesialis THT. Untuk kasus sinusitis parah, obat antibiotik diberikan untuk mengendalikan penyebaran infeksi ke tulang sekitarnya.
Komplikasi pada sinusitis akut antara lain:
  • Memicu kambuhnya asma.
  • Terjadinya sinusitis kronis atau jangka panjang.
  • Jika infeksi menyebar ke dinding otak, bisa menyebabkan meningitis.
  • Masalah dalam penglihatan. Penglihatan berkurang atau bahkan buta.
  • Memicu munculnya infeksi telinga.

GEJALA SINUSITIS

Gejala awal dari infeksi sinus adalah munculnya mukosa atau lendir berwarna kuning atau hijau dari hidung. Wajah juga akan terasa nyeri di sekitar dagu, mata, dan dahi, terutama jika ditekan. Sinusitis biasanya muncul setelah infeksi saluran pernapasan atas, misalnya karena pilek dan flu. Kondisi ini biasanya ringan dan akan hilang dalam waktu tiga bulan. Sinusitis juga bisa memicu terjadinya demam dan sakit gigi.

Sinusitis Kronis atau Jangka Panjang

Sinusitis kronis atau jangka panjang adalah infeksi sinus yang bertahan lebih lama dari tiga bulan. Sinusitis kronis bisa muncul akibat infeksi bakteri sekunder atau karena alergi. Ini akan menyebabkan dinding membran hidung dan sinus mengalami peradangan. Gejala yang muncul pada sinusitis kronis antara lain:
  • Hidung beringus dan tersumbat.
  • Sakit kepala.
  • Wajah terasa nyeri.
  • Indera penciuman berkurang.
  • Bau napas.

Sinusitis Pada Anak-anak

Anak-anak dengan sinusitis akan merasa mudah kesal, tidak selera makan, dan bernapas dengan mulut. Suara mereka akan terdengar sengau. Mereka seolah-olah mengalami pilek berat karena sinusnya tertutup. Jika muncul gejala seperti itu, bawalah anak Anda untuk menemui dokter.

PENYEBAB SINUSITIS

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan sinus mengalami peradangan dan tersumbat. Penyebab yang paling umum adalah virus.

Akibat dari Infeksi yang Terjadi

Infeksi yang paling umum menyebabkan sinusitis adalah pilek dan flu. Virus ini bisa menyebar ke sinus-sinus melalui saluran pernapasan atas. Jika bakteri telah menyebabkan infeksi sekunder, maka akan muncul mukosa atau lendir warna kuning atau hijau. Sinus Anda akan meradang dan membengkak. Gigi yang infeksi juga kadang bisa memicu terjadinya infeksi sinus.

Peningkatan Risiko Munculnya Sinusitis

Ada beberapa faktor yang membuat sinus Anda lebih rentan untuk terserang infeksi.
  • Alergi: rinitis (radang selaput hidung), asma dan hayfever (alergi serbuk sari).
  • Penyempitan saluran hidung: ini bisa disebabkan karena luka di wajah atau tumbuhnya polip di dalam hidung. Jika mukosa atau ingus mengumpul di daerah yang menyempit, ini bisa menyebabkan infeksi sinus.
  • Iritasi: polusi udara, asap dan zat kimia. Misalnya pestisida, pembasmi hama dan deterjen rumah tangga.
  • Fibrosis sistik: kelainan genetik di mana mukosa yang kental dan lengket tertumpuk di dalam tubuh, meningkatkan risiko infeksi

PENGOBATAN SINUSITIS

Sekitar 60% penderitas sinusitis tidak perlu menemui dokter. Kebanyakan kasus yang disebabkan oleh infeksi virus akan hilang dengan sendirinya. Sinusitis butuh waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk sembuh. Dengan kata lain ketahanan sinusitis lebih lama jika dibandingkan pilek.
Untuk sinusitis ringan, obat pereda rasa sakit cukup dan dapat dibeli di apotek. Misalnya parasetamol dan ibuprofen. Obat ini bisa untuk meredakan sakit kepala, demam, dan rasa nyeri pada wajah. Untuk anak di bawah usia 16 tahun, dilarang mengonsumsi aspirin. Ibuprofen juga tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Termasuk yang menderita asma, tukak lambung, dan gagal jantung parah.
Obat-obatan dekongestan, obat tetes maupun semprot untuk hidung, bisa melegakan gejala yang muncul. Obat ini tersedia dan dijual secara bebas di apotek. Obat ini bisa mengatasi penyumbatan dan membuat Anda bisa bernapas dengan lega. Tapi obat dekongestan tidak akan membantu mempercepat pemulihan sinusitis. Obat ini juga tidak boleh digunakan lebih dari seminggu.
Konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi dekongestan dan periksakan apakah diri Anda menderita:
  • Glaukoma
  • Hipertensi yang tidak kunjung ditangani
  • Penyakit jantung
  • Masalah kelenjar tiroid
  • Pembesaran prostat
  • Diabetes
Dekongestan bisa membuat seseorang merasa gelisah dan susah tidur. Jika hal itu terjadi, kurangi minum kafein saat mengonsumsi obat ini.

Pemeriksaan oleh Dokter

Jika kondisi tidak membaik selama seminggu, misalnya sinusitis memburuk atau sinusitis terus-menerus kembali, segera temui dokter. Jika terjadi sinusitis akut atau kronis, perawatan yang seharusnya dilakukan antara lain:
  • Pemberian obat-obatan antibiotik.
  • Penggunaan obat steroid tetes atau semprot.
  • Langkah operasi jika pengobatan lainnya telah dicoba dan tidak berhasil.
Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) akan disarankan oleh dokter umum. Dokter spesialis ini akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui penyebab dasar sinusitis. Sinusitis kronis bisa terjadi selama beberapa bulan. Obat antihistamin akan dianjurkan jika sinusitis disebabkan oleh alergi. Obat ini digunakan untuk menghentikan gejala alergi.

Pemberian Obat-obatan Antibiotik

Antibiotik akan diberikan jika gejala sinusitis tidak menghilang setelah seminggu dan bertambah parah juga. Sekitar 33% orang yang mengidap sinusitis, akan mengalami infeksi bakteri sekunder yang akan membutuhkan pengobatan antibiotik.

Pemberian Steroid Tetes atau Semprot

Jika Anda mengalami sinusitis kronis, steroid jenis tetes atau jenis semprot akan diberikan. Obat ini bisa membantu mengurangi pembengkakan pada sinus Anda.

Pelaksanaan Operasi BSEF

Jika gejala tidak berkurang setelah pengobatan antibiotik dan Anda masih mengalami dampak dari sinusitis, bedah sinus endoskopik fungsional atau BSEF akan disarankan. BSEF adalah operasi umum untuk sinusitis. Operasi ini sangat efektif dalam mengurangi gejala yang muncul. Prosedur operasi akan dilakukan di bawah pengaruh bius umum bagi pasien, tapi operasi ini juga bisa dilakukan dengan bius lokal. Hidung pasien akan dijadikan mati rasa.
Ketika operasi, dokter bedah akan memasukkan endoskop ke dalam hidung. Endoskop adalah pipa kecil dengan lensa kamera di ujungnya untuk memperbesar tampilan dari dalam hidung. Dokter bisa melihat bagian terbuka dari saluran drainase sinus. Setelah ini, dokter bedah akan melakukan:
    • Pengangkatan jaringan, misalnya polip hidung yang menghadang sinus yang terpengaruh.
    • Pemompaan balon kecil untuk membuka saluran drainase dari sinus. Proses ini lebih dikenal sebagai dilatasi kateter balon.
Operasi ini bertujuan meningkatkan drainase sinus Anda dan membantu sinus berfungsi dengan normal kembali. Dokter bedah juga akan memasukkan implan yang akhirnya bisa larut dengan sendirinya. Implan ini akan menjaga sinus tetap terbuka dan bisa menyalurkan steroid mometasone langsung ke dinding sinus.

PENGOBATAN SINUSITIS DENGAN OBAT HERBAL BIOJAVA PROPOLIS

DOSIS DAN PENGGUNAAN BIOJAVA PROPOLIS


Dosis minimal yang efektif
  • 10 tetes sehari dan dibagi menjadi tiga kali minum dan pengobatan dilakukan selama 20–30 hari. Sangat baik dilakukan saat perut dalam keadaan kosong
Kasus membahayakan seperti tetanus dan demam berdarah :
  • 60 tetes dalam sehari dan diberikan selama 1 minggu

0 komentar:

Posting Komentar